Fairy tail.

From fairest creatures we desire increase, that thereby beauty's rose might never die

Lucy Heartfilia

But as the riper should by time decease, his tender heir might bear his memory

Wendy Marvell

A sky dragon slayer is angelic

Natsu Dragneel

Within thine own bud buriest thy content and, tender churl, makest waste in niggarding

Erza Scarlet

Making a famine where abundance lies, thyself thy foe, to thy sweet self too cruel

Juvia Lockser

Shy woman but creepy if she is angry

Gray Fullbaster

Ice magicians are cold-hearted, but he will go berserk if his friend if disturbed

Gajeel Redfox

Knight and brave iron man

Laxus Dreyar

Lightning man who is fast and invincible

Exceed Team

Magic cats, known as Exceed, have feelings and traits like humans

Bang Rey On Kamis, 04 Oktober 2018


Tab/Menu Microsoft Office Word 2016 


Dari gambar diatas yang bergaris Hitam adalah menu tab yang terdiri dari: Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, dan View. Sedangkan menu File tidak termasuk kedalam menu tab, dan yang bergaris Merah adalah icon-icon dari menu tab tersebut.

1. File/Office Button
Menu File atau pada versi microsoft office yang sebelumnya adalah office button ini berisi perintah yang berkaitan dengan informasi, membuka dokumen, membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, print, share, export, close, account, options.
2. Home (Beranda)
Tab Menu Home merupakan tab menu dasar yang paling banyak diperlukan karena meliputi segala bentuk pengeditan teks jendela yang sedang aktif. Tab menu home juga berisi grup beserta perintah-perintah didalamnya.
3. Insert ( Sisipkan/Menyisipkan)
Tab Menu Insert pada umumnya berisi tentang sekumpulan grup yang didalamnya adalah perintah untuk menyisipkan suatu objek, baik berupa table, gambar, angka halaman, dan lainnya.
4. Design (Desain)
Tab Menu Design berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan desain halaman seperti bingkai, tema dokumen, dan lainnya.
5. Page Layout (Tata Letak Halaman)
Tab Menu Page Layout ini berisi perintah yang meliputi penyetelan halaman, ukuran kertas, orientation, margins, dan lainnya.
6. References (Referensi)
Tab Menu References ini fungsinya lebih mengarah kepada catatan ataupun kutipan yang akan dilampirkan pada dokumen, serta melampirkan daftar isi dan indeks pada dokumen yang sedang aktif.
7. Mailings (Surat)
Tab Menu Mailings berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menulis surat kepada orang lain.
8. Review (Meninjau)
Tab Menu Review berfungsi untuk meninjau suatu dokumen, menghitung jumlah kata, mengatur kamus bahasa, dan lainnya.
9. View (Tampilan)
Tab Menu View berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan tampilan jendela yang sedang aktif seperti zoom, panel navigasi, dan lainnya.

Pengaturan Dasar Huruf dan Paragraf

Langkah-langkah mengatur jenis huruf dan ukuran huruf pada Microsoft Office Word:

1. Sebelum anda mengetik teks/tulisan setting terlebih dahulu jenis/ukuran font yang ingin anda  gunakan.
2. Atau jika anda sudah terlanjur mengetik kata atau kalimat dan ingin mengganti jenis/ukuran font tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok tulisan/teks terlebih dahulu.
3. Dan ketika anda ingin mencari menu font maka terlebih dahulu KLIK menu home pada menu bar ---> Fonts --> KLIK anak panah yeng mengarah kebawah, kemudian pilih jenis/ukuran huruf yang ingin anda gunakan.

 Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini:



Langkah-langkah mengatur paragraf pada Microsoft Office Word:

1. Blog bagian paragraf yang ingin kita atur kemudian KLIK menu home pada menu bar --> Paragraf --> KLIK anak panah kecil yang ada disamping tulisan paragraf. 


2. Kemudian pilih First Line, jika anda menginginkan baris pertama agak masuk kedalam, dan pilih Hanging, jika anda    menginginkan baris pertama agak menggantung keluar. Dan anda juga bisa mengatur jaraknya pada kolom By yang berada disebelahnya.


Keterangan dari menu Paragraf:
  • Alignment adalah menu yang mengatur agar paragraf rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan.
  • Identation adalah menu yang mengatur awal dan akhir jarak penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam atau menggantung keluar.
  • Spacing untuk mengatur jarak dari baris pertama dengan baris berikutnya.


Pembuatan Cover/Halaman Depan

Cara membuat cover/halaman depan pada Microsoft Office Word:

1. Bukalah aplikasi microsoft word, kemudian pilih menu tab Insert dan pilih Word Art, selanjutnya ketik kata/kalimat yang anda inginkan atau bisa disesuaikan dengan yang anda perlukan. Disini saya mengambil contoh kata MAKALAH dengan judul Sejarah Perkembangan Internet.




2. Untuk memberi warna dan mempertebal garis pinggir pada tulisan, KLIK pada tab Format dan pilih Shape Fill untuk warna didalam tulisan, dan Shape Outline untuk warna diluar tulisan atau memberi warna pada garis tepi tulisan.


3. Kemudian tekan enter dan ketik judul Sejarah Perkembangan Internet atau sesuaikan dengan yang anda inginkan. Selanjutnya akan terlihat hasilnya seperti gambar dibawah ini:



4. Kemudian kita akan membuat tiga garis yang ada ditengah pada makalah dengan KLIK pada menu Insert --> pilih Shapes dan KLIK pada Line. Tarik dari atas kebawah dengan perpaduan menekan tombol Shift pada keyboard sehingga garis akan terlihat presisi atau lurus.


5. Langkah selanjutnya adalah jika anda menginginkan bingkai pada halaman depan dokumen anda, maka bisa KLIK pada menu Design --> pilih Page Borders, kemudian pilih bingkai yang anda inginkan.


6. Setelah itu maka hasil dari pembuatan cover/halaman depan tadi akan terlihat seperti ini:


Pembuatan dan Pemanfaatan Table

Cara membuat table pada Microsoft Office Word:

1. Hal pertama untuk membuat table pada office word adalah memilih menu Insert --> Table.
2. Kemudian anda sorot menggunakan kursor/petunjuk mouse secara mendatar (Horizontal) dan menurun (Vertical) untuk membuat kolom dan baris table.
3. Selanjutnya sesuaikan dengan kebutuhan anda jumlah kolom dan jumlah baris pada table.
4. Begitu anda menyorot kotak-kotak persegi kecil tersebut maka secara otomatis akan tampil preview table pada layar kerja office anda.
5. Setelah itu, jika sudah merasa pas/benar maka anda tinggal KLIK sekali menggunakan mouse.


6. Lalu jika jumlah kotak-kotak persegi kecil tersebut tidak cukup sesuai dengan jumlah kolom dan  baris yang anda butuhkan, maka untuk mengatasinya dengan KLIK Insert Table.



7. Disini anda dapat dengan bebas menentukan jumlah kolom dan baris table sesuai dengan yang anda perlukan. Sekedar contoh ketik angka 20 pada Number of Columns untuk menentukan jumlah kolom table. Kemudian ketik angka 20 pada Number of Rows untuk menentukan jumlah baris table. Terakhir KLIK OK.

8. Dan jika anda ingin melakukan perubahan pada table yang sedang anda kerjakan, anda bisa KLIK pada menu Design dan Layout.


Keterangan dari sub menu Design pada table:

1. Table Styles Option: berfungsi untuk menyediakan opsi-opsi desain gaya berbeda pada table.
2. Table Styles: berfungsi untuk memberikan desain gaya berbeda pada table.
3. Borders: berfungsi untuk memberikan penekanan desain pada table.



Keterangan dari sub menu Layout pada table:

Dalam sub menu Layout terdiri dari beberapa sub icon seperti:

1. Table
2. Draw
3. Rows and Columns
4. Merge
5. Cell Size
6. Alignment
7. Data.



Pemanfaatan Table:

Table biasanya digunakan untuk menempatkan data secara spreadsheet/menyimpan data secara lebih terstruktur. Table juga sering digunakan untuk merapikan teks ataupun gambar agar terlihat lebih bagus. Dan table bisa berfungsi sebagai tampilan halaman web agar menjadi lebih baik apabila dasar/kerangkanya menggunakan table.






sumber: http://singgihprakoso33.blogspot.com/2018/09/tabmenu-microsoft-office-word-2016-dari.html

{ 1 komentar... read them below or add one }